Pemasaran digital atau digital marketing menjadi bidang ilmu yang banyak digeluti oleh banyak orang. Hal ini disebabkan karena ilmu tersebut sangat diperlukan oleh dunia usaha, dunia industri, dan dunia kerja. Hampir setiap perusahaan ataupun UMKM memerlukan tenaga pemasaran digital.


Salah satu bidang pemasaran digital yang lagi tren saat ini adalah Facebook Ads, yaitu beriklan di Facebook atau Instagram. Pengetahuan mengenai hal tersebut dapat dipelajari di lembaga kursus dan pelatihan (LKP). LKP Istibank, Surakarta, Jawa Tengah sebagai LKP bidang komputer pun memiliki kelas pemasaran digital dan telah menghadirkan lulusan unggul di bidang tersebut serta terserap kerja.


Arif Dwi Purwanto selaku instruktur LKP Istibank membagikan seluk beluk mengenai Facebook Ads sekaligus manfaatnya untuk penjualan. Berdasarkan pengertiannya, Facebook Ads merupakan fitur iklan di platform Facebook untuk menjangkau lebih banyak pengguna terkait konten yang diluncurkan.


“Untuk membuat iklan Facebook Ads, pastikan objective atau tujuannya jelas, bisa untuk penjualan, menambah interaksi, atau meningkatkan traffic Selain itu persiapkan juga saldo budget sesuai dengan iklan yang akan dikeluarkan,” ungkap Arif.


Untuk lebih jelasnya, berikut adalah penjelasan mengenai manfaat menggunakan Facebook Ads.


  1. Mendongkrak Penjualan

Salah satu keunggulan menggunakan Facebook Ads adalah dapat mendongkrak penjualan. Jika bisnis yang kamu jalankan sedang stagnan dan penjualan sedang melambat, kamu dapat menggunakan Facebook Ads karena dapat menargetkan konten yang kita buat kepada calon pelanggan secara lebih spesifik. Hal itu dikarenakan Facebook Ads memiliki fasilitas untuk membuat iklan berdasarkan usia, demografi, minat, perilaku dan lokasi geografis pengguna. Dengan demikian, iklan yang kamu buat menjadi lebih tepat sasaran. 


  1. Meningkatkan Branding/Kesadaran Merek

Tidak hanya berguna untuk penjualan langsung, Facebook Ads juga berguna untuk meningkatkan branding atau kesadaran merek. Jadi, jika ada produk baru yang ingin dikenal lebih banyak oleh khalayak, konten yang dibuat bisa diiklankan menggunakan Facebook Ads. Dengan begitu, merek atau produk baru tersebut dapat dikenal lebih orang masyarakat.


  1. Ciptakan Keterlibatan Lebih Dekat

Manfaat lainnya dalam membuat iklan di Facebook Ads adalah dapat meningkatkan traffic dan engagement di akun brand tersebut. Dengan menggunakan iklan, kamu dapat meningkatkan interaksi dengan audiens dan membangun hubungan yang lebih kuat dengan mereka. Jadi, pengikutmu di Instagram ataupun Facebook pun akan semakin bertambah.


  1. Buat Keputusan Berdasarkan Data

Fitur andalan Facebook Ads adalah dapat menganalisis data yang mendalam. Kamu dapat mengetahui kinerja iklan yang sudah kamu luncurkan dengan tepat. Dengan menggunakan Facebook Ads, kamu dapat mengukur konversi, mengetahui perilaku pengguna, dan mengetahui bagaimana orang berinteraksi dengan situs web setelah melihat iklan. Data ini dapat membantu membuat keputusan yang lebih baik.


Dengan berbagai fitur yang ditawarkan, Facebook Ads telah menjadi salah satu alat pemasaran digital yang paling efektif. Kuasai keterampilan tersebut di LKP pilihanmu, ya.


Sumber foto: Freepik


Artikel ini dikutip dari: https://vokasi.kemdikbud.go.id/read/b/lagi-tren-di-pemasaran-digital-inilah-manfaat-menggunakan-facebook-ads-menurut-lkp-istibank