BUKA USAHA SALON? BERIKUT CARA MENGEMBANGKAN USAHA SALON MENURUT PEMIMPIN LKP KURSUS KECANTIKAN

12 November 2023

Salon merupakan tempat yang populer untuk mempercantik diri. Tak heran, banyak orang khususnya wanita sering mengunjungi salon untuk melakukan perawatan. Apakah kamu tertarik untuk mengembangkan usaha salon juga?


Bagi kamu yang tertarik membuka usaha salon ada beberapa hal yang perlu dilakukan terlebih dahulu, salah satunya adalah mengembangkan keterampilan dengan kursus di bidang tata kecantikan. Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) Yanti, Surakarta, Jawa Tengah turut menghadirkan wirausaha salon, tidak hanya di Surakarta, tetapi juga luar daerah.


Haryanti selaku pemimpin LKP Yanti membagikan tip bagi kamu yang ingin membuka atau mengembangkan usaha salon. Berikut adalah penjelasannya.


  1. Komunikasi yang Efektif

Salon adalah bisnis yang menawarkan jasa. Maka dari itu, bisnis ini berkaitan dengan manusia yang merupakan pelanggan. Untuk itulah, seorang pengusaha salon perlu memiliki kemampuan komunikasi yang baik. Keramahtamahan menjadi nilai penting dalam mengembangkan usaha ini. Selain itu, bagaimana menyimak apa yang diinginkan pelanggan serta menjelaskan terkait perawatan juga hal yang diperlukan harus dimiliki pengusaha.


  1. Adakan Promo 

Sudah bukan rahasia lagi bahwa promo bisa mendongkrak penjualan. Promosi juga memiliki peran penting dalam mengembangkan usaha salon. Sebagai contoh adalah promo buka salon, promo awal tahun, atau bahkan promo setiap bulan.


  1. Nilai Tambah 

Salon yang sudah berada di puncak rata-rata memiliki nilai tambah. Maka dari itu, bagi kamu yang mempunyai salon, tentukan nilai tambah yang bisa kamu tonjolkan dari salonmu. Pertimbangkan untuk terus berinovasi dan mengikuti tren kecantikan terbaru. Bahkan, kamu juga dapat menggabungkan produk atau layanan baru yang sedang populer, seperti perawatan wajah, gaya rambut terbaru, atau produk perawatan organik.


  1. Miliki Database

Dalam manajemen pelanggan, database memiliki peran yang sangat penting. Basis data pelanggan memungkinkan kamu untuk melacak informasi penting tentang pelanggan, seperti nama, alamat, nomor telepon, dan lainnya. Basis data juga bisa menargetkan kampanye pemasaran dengan tepat. Bahkan, dengan memiliki database juga dapat mengotomatisasi banyak tugas administratif dan pengelolaan salon sehingga lebih efektif dan cepat.


  1. Digitalisasi Pemasaran

Tak dipungkiri bahwa kita semua sudah hidup di era digital. Hal itulah yang yang membuat pemasaran kini beralih ke digital melalui media sosial. Maka dari itu, pengembangan usaha salon pun harus mengikuti tren sesuai zaman. Kuasailah teknik pembuatan konten yang menarik dan buatlah portofolio sehingga dapat menarik pelanggan baru serta mempertahankan pelanggan lama. 


Itulah lima tip yang bisa kamu terapkan jika sedang merintis usaha salon. Pastikan untuk terus mencoba dan pantang menyerah karena sesungguhnya wirausaha salon yang sukses bersumber dari kerja keras dan tak mau berhenti berinovasi. Selamat mencoba Sobat Vokasi!


Artikel ini dikutip dari: https://vokasi.kemdikbud.go.id/read/b/buka-usaha-salon-berikut-cara-mengembangkan-usaha-salon-menurut-pemimpin-lkp-kursus-kecantikan